FOREST TALK WITH BLOGGERS CHAPTER PONTIANAK

Bertajuk “Menuju Pengelolaan Hutan Lestari“, kegiatan Forest Talk With Bloggers kali ini mengambil tempat di Hotel Ibis Pontianak. Hadir dalam kegiatan ini para Bloggers dari berbagai kota di kalimantan barat, pelaku UMKM dan perwakilan media. Pontianak menjadi kota ke- 3 diselenggarakannya kegiatan ini oleh Yayasan Doktor Sjahrir dan Clomate Reality Indonesia. Juga hadir sebagai pembicara dalam Forest Talk kali ini yaitu :

  1. DR. Amanda Katili Niode, dari The Climate Reality Project
  2. DR. Atiek Widiyati, dari Tropenbos Indonesia dan
  3. Dito Renaldi, dari Asia Pulp and Paper (APP)

Kegiatan ini mengedukasi para peserta untuk bersama-sama melestarikan hutan dan menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat. Diawal pemaparannya DR. Amanda menjelaskan bahwa pada tahun 2018 secara global 60 juta penduduk dunia terdampak cuaca ekstrim yang salah satunya diakibatkan dari kebakaran hutan yang mengakibatkan meningkatnya emisi CO2.

Foresttalk With Bloggers
Image : Ibu Amanda dari The Climate Reality Project

 

PENGELOLAAN HUTAN DAN LANSKAP YANG BERKELANJUTAN

Pada kesempatan berikutnya DR Atiek dari Tropenbos Indonesia memaparkan tentang upaya-upaya untuk mengembalikan fungsi hutan melalui fungsi lanskap yang berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi dengan para pihak seperti Pemerintah, Organisasi Masyarakat Sipil dan Pihak Swasta.  Masyarakat umum juga dapat memberikan kontribusinya melalui dukungan terhadap pelestarian hutan yang ada didaerahnya, mendukung produksi hasil hutan bukan kayu, mendukung ekonomi masyarakat disekitar hutan, dan mendorong produksi kayu yang lestari dan berkelanjutan.

Foresttalk With Bolggers
Image : DR. Atiek dari Tropenbos Indonesia

 

DESA MAKMUR PEDULI API (DMPA)

Asia Pulp and Paper sebagai sebuah Perusahaan di bawah Sinar Mas Group sadar bahwa penting bagi pihak swasta untuk memberikan perhatian terhadap perusakan hutan. Bersama masyarakat sekitar hutan yang dikelolanya APP membuat program DMPA yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya perusakan hutan dan memberdayakan potensi disekitar hutan tanpa merusaknya.

Forest Talk Wih Bloggers
Image : Dito Renaldi dari Asian Pulp and Papper (APP-SINAR MAS GROUP)

Selain itu APP juga memberikan program pelatihan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar hutan industrinya untuk terus berkembang dan meningkatkan kapasitas usahanya. Dalam kesempatan pemaparannya bang Dito juga mempromosikan berbagai kegiatan UMKM binaan APP dan kratifitasnya dan mini galery di saat kegiatan berlangsung.

UMKM PONTIMARKET 

UMKM Pontimarket Turut berpartisipasi dalam Forest Talk kali ini dengan menghadirkan sejumlah pelaku usaha seperti :

  1. Yani Muhaya ( Eco Print)
  2. Frida (Donat Therasa)
  3. Vera (Amplang Ikan Belidak)

Mereka berkesempatan ikut mempresentasikan usaha serta memperkenalan produk mereka kepada para narasumber dan peserta yang hadir.

Forest Talk With Bloggers
Image : Tim PontiMarket

Yani Muhaya yang juga penggiat Eco Print di Pontianak memberikan pemaparan saat kegiatan ini bahwa produk-produk kriya bukan kayu di Pontianak dan Kubu Raya semakin diminati berbagai kalangan. Sehingga kedepan peran penting para pelaku UMKM Kriya yang memanfaatkan hasil hutan di Kalimantan Barat akan turut membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian hutan di Kalbar.

Forest Talk With Bloggers
Image : Yani Muhaya saat sesi sharing by Exhibitor

 

DEMO MASAK DAN LOMBA LIVE TWIT AND  INSTAGRAM

Sebegai penutup dari rangkaian acara Forest Talk With Bloggers, para peserta diajak untuk menyaksikan demo masak yang berbahan dasar hasil kekayaan alam yang di peragakan oleh chef Ibis Hotel Pontianak. Para peserta diajak untuk melihat tips dan triks memasak dengan bahan-bahan alami namun tetap higienis dan mengundang selera.

Forest Talk With Blogger
Image : Demo masak oleh chef Ibis Hotel Pontianak

Pihak penyelenggara kegiatan merasa berkesan pada kegiatan Forest Talk With Bloggers di Pontianak dari hasil Live Twit dan Instagram yang di pertandingkan mampu menjadi trending topics nomor 4 di Twitter. Antusias ini memberikan semangat para Bloggers yang hadir dan menjadi pemenang lomba Twit dan IG yang diselenggarakan oleh pihak panitia selama acara berlangsung.

Forest Talk With Bloggers
Image : Bloggers pemenang lomba Live Twit dan IG Forest Talk With Bloggers Chapter Pontianak

Pihak penyelenggara mengaku sangat senang selama berada di kota Khatulistiwa Pontianak karena kulinernya enak-enak dan masyarakatnya begitu welcome serta antusias dengan kegiatan yang diselenggarakan. Kedepan kegiatan serupa akan terus digiatkan dan kembali hadir di kota ini. (.pm)

BAGIKAN INFORMASI INI

1 Comment

  • bangfad

    23/04/2019 8:29 PM
    Balas

    melestarikan hutan dimulai sejak dini, agar tertanam pemahaman betapa pentingnya hutan untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita kelak

Leave a Reply