Kriya

KREASI KAIN BATIK INSANG JADI TAS UNIK

UMKM Pontianak tak berhenti berkreasi dalam mempromosikan produk khas daerah yang dilintasi garis khatulistiwa ini. Inspirasi kehidupan masyarakat yang dibelah sungai terpanjang di Indonesia ini bermula dari batik bercorak insang yang kemudian di kreasikan kedalam bentuk tas yang merupakan aksesoris wanita. Adalah mbak Adhe sapaan akrabnya di komunitas PontiMarket yang kemudian menjadi tuan rumah diselenggarakanny miniworkshop di tempat usahanya dengan brand CAFE Haa….Haa…Haa, sabtu 10 November 2018 berlokasi di Jalan Adisucipto – Pontianak. Menghadirkan penggagas workshop dan sekaligus tutor berpengalaman mbak Esterlina, workshop ini bersiap melahirkan para pelaku bisnis kriya baru di Kalimantan Barat.

Kriya
Dok. Mbak Adhe tuan rumah workshop kreasi  kain

Keunikan motif batik insang khas Kalimantan Barat ini telah mampu menjadi kan tas yang dulunya hanya berfungsi sebagai aksesoris wanita, kini telah disulap menjadi salah satu icon kriya khas Kalimantan Barat. Miniworkshop yang digagas oleh mbak Esterlina ini telah membuka peluang usaha baru bagi para UMKM kota Pontianak untuk memiliki keterampilan dan keahlian dalam mengkreasikan sumberdaya yang di miliki daerah.

Kriya
Dok. Proses Produksi Tas pada miniworkshop kreasi  kain

Mbak Adhe dan komunitas PontiMarket kedepan berharap produk kriya UMKM Kalbar semakin diterima di segenap penjuru dunia karena keunikannya dan turut berperan dalam menunjang kunjungan wisatawan mancanegara ke Kalimantan Barat. Selain itu dalam banyak pertemuan pelaku UMKM yang merupakan mitra PontiMarket ini kemudian berkeinginan agar kriya juga menjadi sektor UMKM yang menjadi primadona daerah khususnya di Kalimantan Barat.

Kriya
Dok. Mbak Esterlina bersama para peserta

Leave a Reply