MIE TIAUW MELAYU MELAJU BERSAMA INOVASI

Satu lagi UMKM komunitas PontiMarket yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan bagi para pelanggannya. Tentu siapa yang tek kenal dengan Bang Yul Trippy sapaan akrabnya di kota Pontianak ini. Memulai bisnis ini di tahun 2017 silam, Bang Yul menyadari ketatnya persaingan di bisnis kuliner atau F&B di kota khatulistiwa ini. . Tim PontiMarket salut dengan keuletan Bang Yul untuk senantiasa mempromosikan Mie Tiauw Melayu di media sosial baik melalui Facebook dan Instagram. Selain itu guna menambah pelanggan baru, Mie Tiauw Melayu (MTM) kini juga melayani catering berbagai acara pernikahan atau event.

Kuliner UMKM
Image : MTM juga melayani catering untuk acara pernikahan dan event lainnya.

Dari sisi pelayanan, MTM juga memberikan layanan delivery service seperti Grab Food dan Go Food. Kemudian MTM juga telah mengintegrasikan layanan pembayarannya dengan digitalisasi Payment Online System (POS) baik bekerjasama dengan OVO dan SPOT. Sehingga kini para pelanggan tidak perlu membayar secara tunai namun juga bisa menggunakan aplikasi OVO, debit card atau kartu kredit. Yang tidak kalah pentingnya adalah Bang Yul selalu menjaga kualitas dan nilai jual MTM bagi pelanggannya.

Kuliner UMKM
Image : Jum’at bersama para pengurus masjid di kota pontianak

Bang Yul selalu menjaga kualitas bahan baku mie tiauw yang disajikannya. Mulai dari memilih suplier bahan baku yang telah memiliki sertifikasi halal MUI, hingga ke kualitas bahan yang akan di olah dan cita rasa yang tak boleh berubah. Menyikapi persaingan yang ketat di lokasi usahanya yang super strategis di kawasan bisnis PSP, MTM senantiasa menjaga agar harga sajiannya tetap terjangkau dan bersaing.

Kuliner UMKM
Image : Pemanfaat Sistem P.O.S Digital di MTM

Inovasi juga di lakukan dengan memberikan gratis minuman kepada UMKM yang tegabung dalam Whatsapp Group PontiMarket. Dimana setiap UMKM yang tergabung didalamnya hanya dengan menunjukkan keanggotaannya di Whatsapp Group tersebut saat datang dan menikmati mie tiauw melayu akan mendapat free teh es. Ini tentu membuat bang Yul begitu dikenal dikalangan pelaku UMKM. Disisi lain jiwa sosial bang yul turut memberikan nuansa religi atas bisnis yang dijalankannya. Bang Yul memiliki program undangan makan mie tiauw gratis setiap hari jum’at setelah sholat jum’at bagi para pengurus masjid. Dan sekali setiap bulannya di hari sabtu, bang Yul mengundang anak-anak panti asuhan atau tahfidz Qur’an untuk datang ngemitiauw gratis di MTM.

Kuliner UMKM
Image : Bang Yul Trippy bersama para pelanggan

Kiranya tanggungjawab sosial seperti inilah yang harus di contoh para pengusaha lain di kota pontianak. Karena tentu saja selain usaha yang maksimal guna memajukan usaha, tapi juga keberkahan perlu menjadi bagian dari setiap hasil usaha yang didapatkan. PontiMarket menyebutnya dengan istilah UMKM Sukses Mulia. (*red)

Leave a Reply