UMKM Terbaik Sekota Pontianak

KRIYA UMKM PONTIANAK TEMBUS PASAR INTERNASIONAL

Produk kriya UMKM kota Pontianak telah mempu menembus pasar internasional dengan keunikan dan kualitas yang sangat bersaing dengan produk kriya dari negara-negara lain. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan keluarga besar PontiMarket karena satu dari sekian banyak UMKM kreatifnya mampu membuktikan eksistensi dan dedikasi yang begitu mengagum untuk bersaing di era global dan merebut perhatian pasar. Salah satu UMKM yang bergerak di bidang Kriya dengan brand “MUHAYA Collection” memberikan sekelumit kisah suksesnya menembus pasar luar negeri (internasional).

Kriya
Dok. Produksi Muhaya Collection

MUHAYA Collection didirikan pada 21 April 2015, dengan bermodal hanya Rp. 50.000,- bisnis kreatif ini bermula dan terus bertumbuh. Muhaya Collection menyediakan berbagai jenis produk kerajinan berbahan dasar kulit kayu ,rotan dan juga kain. Kerajinan yang dihasilkan meliputi Clutch, Tas Tangan, bahkan sepatu dan sandal untuk wanita. Begitu pula peminatnya mulai dari lokal hingga ke internasional seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Singapore, Hongkong hingga ke Tokyo. Produk-produk yang dihasilkan Muhaya telah mampu menarik minat konsumen internasional. Tentusaja keunikan menjadi primadona yang sangat diminati masyarakat internasional, sehingga produk kriya milik Muhaya Collection semakin agresif untuk terus mengembangkan pemasarannya hingga ke belahan dunia lainnya seperti Eropa, Amerika, dan bahkan hingga ke kawasan balkan. Mimpi ini bukanlah harapan kosong semata, karena Muhaya Collection telah memiliki jejaring pemasaran yang terpercaya di sejumlah daerah dan negara tujuan. Selain itu dengan dukungan pemasaran melalui social media seperti Facebook dan Instagram, Muhaya Collection terus memperkenalkan berbagai koleksi terbarunya kepada pasar sasaran (target market).

Kriya
Dok. Produksi Muhaya Collection

Untuk urusan produksi, Muhaya Collection memberdayakan masyarakat disekitar rumah tinggalnya sehingga semua pesanan yang masuk kemudian dipersiapkan perencanaan produksi secara matang karena pengerajin telah terlatih dan berpengalaman. Dengan pengawasan yang ketat dan panduan yang diberikan secara terus menerus kepada para pengerajin di sekitarnya, Muhaya Collection dapat dengan mudah memastikan kualitas produk yang dihasilkan terpantau dengan baik dan seksama. Hal ini terkait erat dengan tujuannya dibangun bisnis kriya ini oleh penggagasnya, yaitu memberikan penghidupan yang layak bagi banyak orang yang bekerjasama dan saling bersinergi.

Kriya
Dok. Produksi Muhaya Collection

Mbak Yani (sapaan akrab) sang pemilik bisnis ini meyakini kedepan dengan dedikasi dan kerja kerasnya membangun bisnis ini, usaha dan para perajin kriya yang terlibat di dalamnya akan mampu berdiri sejajar dengan perusahaan kreatif lainnya di tingkat internasional, sekaligus membawa harum nama daerah serta Indonesia ke mancanegara. Mbak Yani juga telah mampu menginspirasi banyak pelaku bisnis Kriya di tanah air dimana salah satunya meraih juara 1 kreasi Kriya di Kota Palembang yang terinspirasi melihat Mbak Yani telah banyak berprestasi dalam sejumlah event daerah. Diutarakannya lebih lanjut, meski pertumbuhan bisnisnya terus menanjak namun mbak Yani tetap berkarir sebagai Guru di sebuah SD negeri, Instruktur Nasional kurikulum 2013 dari tahun 2013, dan juga Widya Iswara di Kota Pontianak. Mbak Yani kini dengan semua kesibukan dan aktifitasnya akan terus menginspirasi semua pelaku UMKM untuk terus berkreasi dan bertumbuh di berbagai daerah di Kalimantan Barat sehingga Kriya UMKM mampu tembus pasar internasional.

Kriya
Dok. Pengusaha Kriya Palembang yg terinspirasi Muhaya

Leave a Reply