Tanjak Melayu

TANJAK KHATULISTIWA YANG ISTIMEWA

Tanjak adalah kreasi budaya khas masyarakat melayu nusantara dimana dahulu merupakan kebanggaan bagsawan melayu dan para pemuda mengenakannya di berbagai acara penting. Kini tanjak telah menjadi pesona fashion masyarakat modern di nusantara. Bukan hanya masyarakat adat melayu namun telah menjadi kebanggaan masyarakat dari berbagai kalangan dan suku bangsa. Demikian pula kota Pontianak dimana masyarakatnya sangat antusias mengenakan tanjak untuk dikenakan dalam berbagai kegiatan. Salah satu pengerajin Tanjak Melayu adalah Bunda Syafa (panggilan akrabnya), dengan merek dagang “Tanjak Khatulistiwa” bunda Syafa memulai membuat tanjak sejak tahun 2018.

Tanjak Melayu
Image : Logo dan Merek Tanjak Khatulistiwa milik bunda Syafa.

Tanjak Khatulistiwa milik Bunda Syafa telah dijual ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri seperti Malaysia. Awalnya Bunda Syafa adalah penjahit yang kemudian melihat makin maraknya kebutuhan akan tanjak di Kota Pontianak menjadikannya sebuah peluang bisnis. Bunda Syafa yang juga merupakan anggota dari Persatuan Orang Melayu (POM) Kalimantan Barat, yang bercita-cita agar tanjak melayu menjadi warisan budaya yang terus mengakar di kalangan pemuda dan masyarakat indonesia umumnya. Melalui keikutsertaannya dalam berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh komunitas UMKM PontiMarket kini Bunda Syafa bertekad menuju UMKM naik kelas. Bunda Syafa terus mempromosikan produk tanjaknya ke berbagai event dan saluran pemasaran lainnya.

Tanjak Melayu
Image : Tanjak Melayu kebanggan daerah kreasi Tanjak Khatulistiwa

Bunda Syafa berharap produk-produk tanjak kreasinya semakin di kenal di penjuru dunia, sekaligus sebagai promosi budaya melayu kalimantan barat. Bunda Syafa juga memberikan harga yang sangat terjangkau untuk berbagai produk kreasinya, dengan tujuan agar tanjak melayu dapat dimiliki setiap lapisan di nusantara. Bunda Syafa juga mengajak kepada setiap pelaku usaha kreatif agar menjadikan produk-produk unik khas daerah dapat dikenal luas dan bergabung dalam komunitas UMKM produktif seperti PontiMarket agar para pelaku UMKM dapat menikmati langsung manfaat dari berkomunitas secara positif. (.ed)

 

BAGIKAN INFORMASI INI

2 Comments

  • dhika

    05/08/2019 9:21 AM
    Balas

    sangat bermanfaat dan sangat suport demi menjaga marwah kebudayaan melayu agar selalu dingaungkan.

    • Edi Suprianto

      05/08/2019 8:36 AM
      Balas

      Ayok bang, bagikan terus tulisan ini ke semua group dan kolega agar budaya kita senantiasa terjaga.

Leave a Reply